oleh

Viral! Babi Ngepet Sawangan Ternyata Dibeli Secara Online Seharga 900 ribu, bentuk penyimpangan keimanan

PERDANA MUSLIM – Akhirnya setelah kurang lebih beberapa hari yang lalu sempat viral dengan adanya temuan babi nyepet atau babi jadi-jadian yang menghebohkan warga Bedahan, Sawangan, ternyata cuma rekayasa alias hoax.

Pelaku, yang tak lain dikenal sebagai Ustaz Adam Ibrahim merupakan orang pertama menyebarkan berita bohong ini, kini dia telah ditangkap oleh Polresta Depok.

hal ini secara tegas disampaikan langsung oleh Kapolresta Depok Kombes Imran Siregar seperti yang dilansir dari detikcom “Kami sampaikan semua yang sudah viral tiga hari sebelumnya itu adalah hoax, itu berita bohong. Kejadiannya tidak seperti apa yang diberitakan,” ujarnya dalam jumpa pers di Polresta Depok, Jl Margonda Raya, Depok, Kamis (29/4/2021).

Cerita bermula, tersangka bernama Adam Ibrahim ini menerima laporan terkait adanya sejumlah warga yang kehilangan sejumlah uang. Dari situ, Adam Ibrahim dan delapan orang lainnya kemudian bekerja sama. Mereka lantas mengarang cerita soal adanya babi ngepet ini.

Kepada warga, Adam Ibrahim menggambarkan babi ngepet itu berkalung dan kepalanya diikat tali merah. Lalu dari mana asal-usul babi itu?

Ternyata tersangka merekayasa dengan memesan secara online seekor babi dari pencinta binatang dengan harga Rp 900 ribu, ditambah biaya ongkos Rp 200 ribu.

Kemudian Adam Ibrahim bekerja sama dengan 7 warga lainnya. Mereka menyusun skenario hingga mengatur peran masing-masing agar warga percaya soal babi ngepet atau babi jadi-jadian ini.

Mereka mengarang cerita seolah-olah melihat sosok manusia yang tiba-tiba berubah menjadi babi.

Mereka mengarang seolah-olah ada tiga orang, satu orang turun tanpa menapakkan kaki, dua orang pergi naik motor, tiba-tiba satu setengah jam berubah jadi babi, padahal itu semua bohong dan hanya sekenario buatan Adam semata.

Motif yang dilakukan Adam ini tidak lain adalah hanya ingin banyak dikenal oleh masyarakat, karena Adam Ibrahim ini merupakan salah satu tokoh yang ada didaerahnya namun tidak begitu terkenal.

Miris sekali hal masif ini masih terjadi di era serba digital dimana uang bisa berpindah tangan tanpa perlu memegannya, cukup hanya dengan satu klik dalam aplikasi E-Banking.

Namun herannya perilaku kepercayaan menyimpang ini bahkan bertentangan dengan ajaran islam masih dipercayai disebagian kalangan masyarakat, dan parahnya masih banyak manusia yang mengaku mengetahui hal yang ghaib padahal sudah kita ketahui bersama hanya Allah yang Maha tahu semua yang ghaib.

Bahkan Jin pun mengakui untuk mengetahui hal yang ghaib seperti mencuri berita di langit itu merupakan suatu yang mustahil didapatkan karena begitu Maha Agungnya kekuatan penjagaan Allah

Dan sesungguhnya kami (jin) dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mencuri dengar (berita-beritanya). Tetapi sekarang siapa (mencoba) mencuri dengar (seperti itu) pasti akan menjumpai panah-panah api yang mengintai (untuk membakarnya)”. (Al Jinn : 9).

Babi Nyepet Sawangan (CNN)

Komentar

PERDANANEWS