oleh

Wow, Ini 10 Manfaat Puasa Dalam Segi Kesehatan

PERDANA MUSLIM – Berpuasa dibulan sucii ini merupakan sebuah kewajiban bagi setiap umat muslim diseluruh dunia, diantara keutamaan diwajibkannya puasa ini selain tentang meningkatkan kualitas spiritual keagamaan, dengan puasa ternyata sangat baik untuk kesehatan, maka dari itu tidak sedikit dari orang non muslim yang juga mengikuti puasa ini dengan alasan Kesehatan.

Seperti yang dilansir dari kontan.co.id, diantara kebaikan puasa untuk Kesehatan ada 10 poin seperti berikut ini.

1. Detoksifikasi tubuh

Ketika seseorang menjalankan puasa sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) dengan optimal.

2. Membantu regenerasi sel 

Manfaat puasa juga dapat membantu proses regenerasi sel dalam tubuh. Ketika puasa, sel-sel dalam organ tubuh akan melakukan proses regenerasi sel dengan baik.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Selanjutnya, manfaat puasa yaitu dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik sebanyak 10 kali lipat.

4. Mengontrol gula darah

Para peneliti telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi penderita diabetes. Selain itu, pembatasan asupan kalori dalam tubuh saat seseorang berpuasa juga dapat mengurangi resistensi insulin.

Penurunan resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga tubuh dapat mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel dengan lebih efisien.

5. Mengurangi peradangan

Peradangan sebenarnya dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi jika terjadi dalam kondisi normal.  Namun, beberapa peradangan yang sudah kronis dapat menimbulkan penyakit tertentu seperti multiple sclerosis.

Beberapa penelitian menemukan bahwa manfaat puasa dapat membantu menurunkan tingkat peradangan dan meningkatkan kondisi kesehatan tubuh seseorang.

6. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia, diperkirakan 31,5% kematian secara global. Mengubah pola makan dan gaya hidup adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung seperti berpuasa ini.

Karena puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Meningkatkan fungsi otak

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa dapat melindungi kesehatan otak dan meningkatkan produksi sel saraf untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif.

8. Membantu menurunkan berat badan

Puasa cocok sekali untuk yang berencana diet, diet tercapai dan pahala bisa digapai, beberapa penelitian juga menemukan bahwa puasa dalam jangka waktu tertentu dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Puasa selama 3-12 minggu sama efektifnya dalam mendorong penurunan berat badan dan massa lemak masing-masing  8% sampai 16%. 

9. Meningkatkan hormon pertumbuhan

Hormon pertumbuhan atau human growth hormone (HGH) adalah sejenis protein yang memiliki peran penting bagi banyak aspek kesehatan. Hormon ini menunjang untuk pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan, dan kekuatan otot.

Puasa dapat membantu mempertahankan kadar gula darah dan insulin secara stabil sehingga dapat mengoptimalkan kadar HGH.

10. Membantu mencegah kanker

Selanjutnya, manfaat puasa adalah dapat membantu dalam pengobatan dan pencegahan kanker.

Salah satu penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa dapat membantu memblokir pembentukan tumor dan meningkatkan efektivitas obat kemoterapi pada pengobatan kanker.

Perdana News Group

Komentar

PERDANANEWS