oleh

Kerajaan Islam Pertama Di Jawa

PERDANA MUSLIM – Mengenai pendapat untuk pertama kalinya awal islam masuk ke nusantara yang diambil dari beberapa sumber, agama islam mulai masuk ke nusantara pada awal abad ke 6 masehi dimana sekaligus pada saat abad ke – 13 kerajaan – kerajaan hindu dan budha yang ada di nusantara mulai mengakhiri masa masa kerajaannya. Sedangkan menurut para sejarawan kerjaan islam pertama yang ada di pulau jawa masuk sekitar abad ke – 15.

Kerajaan islam yang ada di nusantara ini merupakan pengaruh yang besar bagi penyebaran agama islam di nusantara.

Keberhasilan proses adaptasi dan akulturasi dengan kebudayaan yang sudah ada menjadi suatu keberhasilan yang sangat penting pada permulaan penyebaran agama islam ditambah dengan dukungan adannya jalur perdagangan dari timur tengah menambah kuat islam tersebar di negeri ini.

  • Kerajaan Islam Pertama di Pulau jawa

Kerajaan Demak merupakan kerajaan islam pertama di pulau jawa, kerajaan ini mempengaruhi besar penyebaran islam di pulau jawa yang diprakasai oleh para wali baik di jawa maupun luar jawa seperti Maluku hingga Kalimantan timur.

Kerajaan Demak didirikan oleh Raden Fatah yang merupakan putra Brawijaya, raja terakhir Majapahit.

Pada masa kepemimpinan Raden Fatah, kerjaan Demak mendirikan sebuah mesjid yang kita kenal saat ini yaitu Masjid Demak yang merupakan peninggalan dari kerajaan demak seekaligus termasuk dari masjid tertua di Indonesia.

Masjid yang menjadi pusat syiar Islam itu berada di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak.

Baca Lainnya : 5 Tradisi Islam Yang Berkembang di Nusantara

Kerajaan Demak berdiri setelah kerajaan Majapahit mengalami kemundurannya. Perpecahan yang terjadi di kerajaan majapahit membuat beberapoa wilayah kekuasaannya memisahkan diri dari Majapahit.

Salahsatunya adalah Demak yang asalnya hanya berupa kadipaten. Setelah adanya dukungan dari para wali untuk membuat kerajaan Demak dalam waktu yang singkat kerajaan Demak menjadi kerajaan yang besar dan disegani oleh kerajaan- kerajaan lain di Nusantara.

Dengan adanya kerjaaan Demak yang membawa unsur keislaman maka penduduk sekitar menjadi terbawa dalam suasana nilai – nilai kehidupan yang didasari dengan islam tanpa menghilangkan tradisi awal mereka.

Lokasi kerajaan Demak yang strategis yaitu berada di tengah – tengah jalur pelayaran nasional dan pelabuhan besar menjadikan perekonomian kerajaan Demak menjadi baik dan mapan.

Selain itu mendorong aktivitas perdagangan cepat berkembang, dikenal dengan kerajaan maritim dan penghasil beras, garam, dan kayu jati.

  • Keruntuhan Kerajaan Demak

Keruntuhan dan awal mula mundurnya kerajaan Demak dimulai setelah peninggalan Sultan Trenggana yang merupakan raja ketiga, anak ketiga dari Raden Fatah.

Hal ini penyebabnya adalah adanya perselisihan perebutan kekuasaan yang akhirnya timbul pemberontakan. Berakhirnya keerajaan ini yatu setelah Jaka Tingkir memindahkan kekuasaan ke Pajang setelah terbunuhnya Arya Penangsang, raja Demak yang naik tahta usai Sunan Prawita menngatikan Sultan Trenggana yang meninggal akibat dibunuh.

(rai/Red MPN)

Komentar

PERDANANEWS