oleh

Dilarang Mudik, Akses Karawang Ditutup, Ini 14 Titiknya

PERDANA MUSLIM – Belum lama ini adanya aturan pelarangan untuk mudik pada tahun ini berlaku untuk semua kalangan baik TNI, PORLI, pegawai BUMN, pegawai swasta dan masyarakat Indonesia, larangan ini terdapat didalam surat edaran Kepala Satgas Penanganan COVID-19 No. 13 Tahun 2021 tentang peniadaan mudik pada bulan Ramadhan dan Idhul Fitri 1442 Hijriah yang dilakukan dari tanggal 6-17 Mei 2021.

Melalui surat edaran ini pemerintah secara tegas melarang untuk masyarakat mudik tahun ini demi mencegah penyebaran wabah virus COVID 19, dan diharapkan dengan adanya aturan ini bisa memaksimalkan vaksin masal yang sudah diberikan. Aturan ini juga berlaku bagi semua moda transportasi seperti darat, laut dan udara.

Bahkan sangsinya tidak main – main jika nantinya didapati masyarakat yang nekat tidak mematuhi aturan akan ditindak secara tegas, seperti sanksi putar balik bagi kendaraan umum dan pribadi atupun sanksi lainnya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Terkkhusus untuk kendaraan travel atau angkutan barang jika didapati mengangkut penumpang maka akan diberikan sanksi dari Kepolisian baik penilangan atau tindakan lain sesuia dengan undang – undang yang berlaku.

Seperti dilansir dari detikcom dan kompascom Polres Karawang telah menyiapkan skema dari penyekatan jalur mudik Lebaran tahun ini. Jumlahnya ada 14 titik penyekatan di Kabupaten Karawang mulai dari jalur alternatif, arteri, hingga jalan tol.

“Ada 14 titik, rencananya mulai disekat pada 6 Mei hingga 17 Mei 2021,” ujar Kasat Lantas Polres Karawang AKP Rizky Adi Saputro saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (14/4/2021).

Rizky menambahkan bahwa 14 titik penyekatan tersebut untuk mencegah pemudik masuk dari daerah perbatasan dengan Bekasi, Subang, Purwakarta, dan Kabupaten Bogor. Misalnya, di pos Tanjungpura, Gerbang Tol Karawang Barat, Bundaran Masari, Simpang Gamon, Simpang Mutiara, dan Kalihurip.

“Kita melaksanakan apa yang menjadi ketentuan pemerintah,” tambah Rizky.

Namun, Rizky belum bisa memastikan berapa banyak kekuatan personel yang akan disiagakan di 14 titik penyekatan akses Karawang tersebut.

Berikut titik pos penyekatan di Karawang:

1.Pos check point Tanjungpura, perbatasan antara Karawang-Bekasi

2. Pos check point Gerbang Tol Karawang Barat

3. Pos check point Bundaran Masari, batas pintu masuk gerbang tol Karawang Timur

4 . Pos check point Simpang Mutiara, perbatasan antara Karawang-Purwakarta

5. Pos check point Gamon, perbatasan antara Karawang-Subang

6. Pos check point Curug, batas antara Karawang-Purwakarta

7. Pos check point Pangkalan, batas antara Karawang-Cariu, Bogor

8. Pos check point Kobakbiru, Desa Mulyajaya, Kecamatan Telukjambe Barat, batas Karawang-Bekasi

9. Pos check point Tugu Kebulatan Tekad, Rengasdengklok, batas Karawang-Bekasi

10. Pos check point Kalapanunggal, Batujaya, antara batas Karawang-Bekasi

11. Pos check point Kupoh, Karawang Barat, batas antara Karawang-Bekasi

12. Pos check point Kaligandu, Telukjambe Barat, batas antara Karawang-Bekasi

13. Pos check point Pasar Cilamaya, batas antara Karawang-Subang

14. Pos check point Kalihurip/Dawuan

Komentar

PERDANANEWS