oleh

Harus Tahu, Ini Keutamaan Puasa Ramadhan

PERDANA MUSLIM – Bulan puasa tahun ini menurut PP Muhammadiyah diprediksi jatuh pada (13/04/21) yang berarti tinggal hitungan hari kita akan bertemu dengan bulan suci ini.

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim dan Muslimah untuk meningkatkan kualitas amal ibabadahnya pada bulan Ramadhan ini.

Puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang disyariatkan pada bulan suci ini dan juga merupakan bagian dari rukun islam yang lima, seperti dalam al quran (Q. S. 2 : 183) “Diwajibkan atas kalian untuk berpuasa Ramadhan seperti yang telah diperintahkan kepada sebelum kalian agar kalian bertaqwa”.

Dalam kitab fiqih muyassar kalimat الصيام (baca : as shiyam) yang berarti puasa menurut bahasa memiliki arti menahan sesuatu, sedangkan menurut istilah yaitu menahan dari makan, minum, hal – hal yang membatalkan puasa yang disertai dengan niat mulai dari terbit fajar shodiq hingga terbenamnya matahari.

Terbit Fajar (Foto : Redaksi)

Setiap syariat yang Allah perintahkan kepada para hambanya pasti memiliki hikmah dan keutamaan didalamnya.

Keutamaan bulan ramadhan bisa kita ketahui salah satunya dari hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari “Barang siapa yang berpuasa ramadhan dengan penuh keimanan dan rasa harap balasan dari Allah, maka Allah akan mengampuni dosanya yang telah lalu”.

Baca Lainnya : Inilah Pesan Yang Sering Disampaikan Abuya Uci

Faidah yang dapat diambil dari hadist diatas merupakan keutamaan puasa di bulan ramadhan yaitu sebgai sarana penghapus dosa – dosa yang telah lalu dengan syarat dibarengi dengan niat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.

Selain itu faidah yang dapat kita ambil adalah bulan ramadhan merupakan bulan ampunan, maka sudah selayaknya bagi kita untuk melakukan amalan kebaikan yang dapat mengantarkan kita kepada ampunan dari Rabb semesta alam.

Faidah yang lain yaitu sebuah amalan dan ibadah akan bernilai jika dibarengi dengan rasa niat tulus serta keimanan dan ketaqwaan seperti dalam hadist yang diriwayatkan bukhari juga “Sesungguhnya setiap amalan itu tergantung dengan niatnya, dan seseorang itu hanya akan mendapatkan dari apa yang dia niatkan”.

Mari kita sambut bulan ramadhan yang penuh dengan keberkahan serta ampunan dari Rabb semesta alam ini sebagai ajang pelebur dosa yang telah lalu dan berkomitmen untuk tidak melakukannya kembali dengan melakukan ketaatan juga ketaqwaan kepada Allah.

Wallahul musta’an

(rai/Red Muslim Perdana News)

Temukan berita lainnya : PERDANA NEWS

Komentar

PERDANANEWS