oleh

5 Tradisi Islam Yang Berkembang Di Nusantara

3. Tradisi Idhul Adha

Tradisi idhul adha merupakan sebuah  syariat yang diajarkan oleh islam sekaligus sudah menjadi tradisi islam yang terus berkembang di nusantra. Tradisi idhul adha yaitu serangkaian penyembelihan hewan qurban yang dilakukan atas nama Allah dan hanya mengharap ridho Allah.

Penyembelihan Hewan Qurban – (Foto : islami.co)

Peristiwa ini berawal dari kisah Nabi Ibrahim tatkala beliau bermimpi dimalam hari, pada mimpinya itu Allah memerintahkan untuk menyembelih anak kesanyangannya yaitu nabi Ismail yang kemudian keesokan harinya nabi Ibrahim menyampaikan mimpinya kepada anaknya dan jawaban Ismail sebagai anak nabi Ibrahim dan hamba yang taat kepada Allah dalam Al Quran (Q.S. 37 : 102) “wahai ayahanda lakukanlah..” Ujar nabi Ismail.

Maka ketika pedang nabi Ibrahim akan menghunus leher anaknya, Allah langsung menggantikannya dengan seekor domba. Peristiwa itulah yang menjadi awal syariat pada hari raya idhul adha yaitu menyembelih hewan qurban atas ketaatan kepada Allah.

4. Tradisi Isra Mi’raj

Tradisi ini merupakan peringatan dari rangkaian perjalanan nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang biasanya dilakukan disetiap bulan rajab. Dalam perjalanannya ada dua rangkaian perjalanan yaitu ada isra dan mi’raj.

(Foto : freepik.com)

Isra dalam bahasa arab berarti perjalanan yaitu perjalanan nabi Muhammad dari masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan Mi’raj yang berati naik, peristiwa mi’raj dilakukan setelah nabi Muhammad selesai melakukan perjalanan ke Masjidil Aqsa yang kemudian naik keatas langit hingga langit ke tujuh atas izin Allah.

Pada peristiwa ini juga merupakan asal dari syariat pertama kali diwajibkannya solat lima waktu yang menjadi kewajiban bagi setiap muslim.

Tradisi peringatan isra mi’raj di Indonesia ini bertujuan untuk memuhasabah diri sekaligus mengambil nilai – nilai kebaikan yang ada pada perjalanan isra mi’raj dan suri tauladan nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Komentar

PERDANANEWS