oleh

Keutamaan Bulan Dzulhijjah, ini 6 Amalan Keren yang Jangan Kamu Lewatkan

MUSLIM PERDANANEWS – Bogor – Keutamaan Bulan Dzulhijjah, ini 6 Amalan Keren yang Jangan Kamu Lewatkan. Bulan Dzulhijjah termasuk bulan yang istimewa memiliki banyak keutamaan di dalamnya. Beberapa peristiwa penting terjadi di Bulan ini seperti diampuninya Nabi Adam Alaihisalam oleh Allah Subhanahu wa taala, Nabi Yunus dikeluarkan dari perut ikan, hingga lahirnya Nabi Musa dan Nabi Isa.  

Keutamaan bulan Dzulhijjah disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Imam At Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah, juga hadits riwayat Imam Bukhari dari Ibnu Abbas. Disebutkan dalam hadits tersebut bahwa, sepuluh hari awal bulan Dzulhijjah adalah hari amal sholeh yang sangat dicintai Allah SWT.

Dikutip dari Kitab Ihya Ulumiddin karya Imam Al Ghazali, keutamaan bulan Dzulhijjah terdapat di sepuluh hari yang pertama. Berpuasa satu hari di tanggal 1 sampai 9 pahalanya setara dengan puasa satu tahun. Begitu juga dengan ibadah sholat malam berpahala setara dengan sholat pada malam Lailatul Qadr. Berikut ini bunyi hadits riwayat Imam At Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah.

“Tidak ada hari yang amal sholeh, lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 hari pertama bulan Dzulhijjah). Sesungguhnya berpuasa satu hari di dalamnya membandingi berpuasa satu tahun. Melakukan Sholat malam di dalamnya membandingi sholat malam pada malam Lailatul Qadar. Salah seorang sahabat bertanya ‘Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah?’ Beliau bersabda, Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid).”

Di bulan ini, Muslim dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan penting. Berikut amalan yang bisa dilakukan selama bulan Dzulhijjah.

Komentar

PERDANANEWS