oleh

Apa Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Muslim Perdananews – Niat melakukan puasa Senin-Kamis tentu saja bernilai ibadah, meskipun puasa Senin Kamis adalah puasa sunah, tetapi puasa ini istimewa karena sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Tata cara melakukan puasa Senin Kamis tidaklah berbeda dengan puasa sunah lainnya. Hukumnya jika melakukan puasa Senin Kamis, maka akan mendapatkan pahala. Tetapi jika tidak dilakukan, orang tersebut tidak akan berdosa karena bukan sesuatu yang wajib.

Puasa yang jadi rukun Islam ke empat, diyakini menjadi bukti cinta seseorang kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Tak heran jika banyak umat Muslim menjalankan puasa wajib dan sunnah, seperti puasa Senin – Kamis.

Keutamaan Puasa Senin Kamis Keutamaan Puasa Senin Kamis adalah puasa ini dikerjakan langsung oleh Nabi Muhammad. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah,”Bahwasanya Nabi Muhammad lebih sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah setiap hari Senin dan Kamis, maka saya senang apabila amalan saya (pada hari tersebut) dan saya berpuasa pada hari tersebut.” (H.R. Ahmad).

Dari riwayat di atas, disimpulkan bahwa Senin dan Kamis merupakan hari istimewa untuk semua hamba Allah SWT. Pada dua hari tersebut, amalan seseorang akan diajukan oleh malaikat kepada Allah. Oleh karenanya, Rasulullah memilih berpuasa pada hari-hari penting itu,demikian seperti dilansir dari laman Tarjih.or.id.

Puasa Senin – Kamis adalah puasa yang dilaksanakan pada hari Senin dan Kamis. Waktu, adab, dan tata cara puasa ini tidak jauh berbeda dengan puasa pada bulan suci Ramadan.

Menyadur dari Nu Online, Senin dan Kamis menjadi hari puasa sunnah karena sabda Rasulullah SAW. Hal ini tertuang dalam hadist oleh Syekh Abu Zakariya Al-Anshori dalam karyanya Fathul Wahhab.

Rasulullah SAW bersabda, “Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa.” (HR Turmudzi dan selainnya)

Komentar

PERDANANEWS